UNJ Dashboard
University logo

UNJ

Back to Rankings
Indikator Penilaian

Indikator Reputasi Akademik/Academic Reputation (AR)

Reputasi Akademik adalah komponen kunci dalam QS World University Rankings yang merupakan penilaian akademik dengan bobot 35% dalam skor keseluruhan yang diambil dari survei tahunan yang dilakukan oleh QS dan dirancang untuk mengevaluasi persepsi akademis terkait institusi terbaik dalam penelitian yang diambil dari partisipan di seluruh dunia. QS melakukan survei kepada partisipan berdasarkan data academic peerlist yang dikirimkan oleh masing- masing universitas. Hasilnya diambil dari survei global tahunan ekstensif yang dilakukan oleh QS di kalangan akademisi.

Pada dasarnya, setiap responden memilih/menominasikan institusi yang dianggapnya terbaik di bidang keahliannya. Untuk tujuan penghitungan skor, nominasi yang diberikan oleh rekan akademisi internasional diberikan bobot yang lebih tinggi daripada domestik (lihat table di bawah), yang berarti bahwa institusi yang lebih fokus secara internasional, bahkan jika mereka menerima jumlah nominasi yang lebih rendah atau sama dengan yang lain, dapat memperoleh skor lebih tinggi.

ProjectWeightingDomestic NominationsInternational Nominations
QS World University Rankings30%15%85%
QS Subject Rankings

60% Arts & Humanities

40% Engineering & Technology

40% Life Sciences & Medicine

40% Natural Sciences

50% Social Sciences & Management

33%67%
QS Sustainability Rankings

1% Impact of Education

10% Earth & Environment

  
QS Asia Region Rankings30%15%85%

 

Metodologi ini juga mendukung institusi secara keseluruhan, karena semua rumpun ilmu diperlakukan sama. Dengan demikian, QS menghitung skor untuk setiap rumpun ilmu, dan kemudian menggabungkannya dalam skor keseluruhan.

  1. Responden
    Nilai Reputasi Akademik didasarkan pada tanggapan terhadap survei yang didistribusikan kepada akademisi di seluruh dunia dari sejumlah sumber berbeda:
    1. Responden survei Reputasi Akademik tahun-tahun sebelumnya;
    2. Daftar nominasi responden yang diserahkan oleh universitas sejumlah 400 responden tiap tahunnya;
    3. Mendaftar di fasilitas Pendaftaran calon responden milik QS;
    4. Basis data IBIS (International Book Information Service) dapat menjadi salah satu sumber basis data untuk pemasaran akademik.
  2. Isi Survei
    Survei dikirim ke akademisi dan di awal survei akademisi diminta untuk menyatakan spesialisasi bidang studi. Jawaban tentang spesialisasi bidang studi akan memandu sisa jawaban yang dapat diberikan hingga akhir survei. QS mengajukan pertanyaan berikut pada responden:
    1. Karakteristik Responden
    2. Spesifikasi Keilmuan
    3. Menominasikan universitas unggulan domestik (negara lokasi responden bekerja)
    4. Menominasikan universitas unggulan internasional. 
  3. Reputasi Akademik pada QS WUR dan QS University Rankings by Region
    Nilai di lima rumpun ilmu (faculty area) kemudian digabungkan dengan bobot yang sama untuk menghasilkan nilai akhir universitas. Asumsinya adalah pada sebuah comprehensive university, masing-masing rumpun ilmu mewakili universitas secara setara.
  4. Reputasi Akademik pada QS WUR by Subject
    Dalam pemeringkatan berbasis bidang studi, ada kemungkinan bahwa sebuah universitas dengan kekuatan pada disiplin ilmu tertentu dinilai lebih rendah daripada universitas yang memiliki nilai reputasi secara keseluruhan yang lebih baik.